Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap dan
pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E MTs Negeri Purworejo tahun
ajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) kombinasi Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyeknya adalah
siswa kelas VIII E MTs Negeri Purworejo yang berjumlah 31 siswa dan
dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi,
lembar angket sikap dan tes pemahaman konsep. Sedangkan analisis datanya
secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT
kombinasi CTL dapat meningkatkan sikap dan pemahaman konsep. Hal ini dapat
ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata skor sikap keseluruhan siswa dari
siklus I ke II. Pada siklus I rata-rata skor sikap keseluruhan siswa yaitu 2,49 dalam
kategori kurang baik dan siklus II mencapai 2,90 dalam kategori baik. Siswa
bukan hanya sekedar menyenangi matematika tetapi sudah bersungguh-sungguh
dalam belajar matematika dan mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu.
Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari hasil tes dimana pada siklus II
rata-rata persentase tes pemahaman konsep yaitu 69,44% dalam kategori sedang
dan siklus II sebesar 77,59 % dalam kategori tinggi. Siswa telah dapat
menyatakan ulang sebuah konsep dengan tepat dan dapat mempresentasikan
konsep tersebut ke dalam model, diagram maupun simbol. Siswa juga telah
mampu menerapkan konsep secara algoritma.