Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kombinasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Peningkatan Sikap dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Setyaningrum, Putri Anggraini
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:21:46Z
dc.date.available 2018-02-15T01:21:46Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2882
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII E MTs Negeri Purworejo tahun ajaran 2015/2016 dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kombinasi Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyeknya adalah siswa kelas VIII E MTs Negeri Purworejo yang berjumlah 31 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar angket sikap dan tes pemahaman konsep. Sedangkan analisis datanya secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT kombinasi CTL dapat meningkatkan sikap dan pemahaman konsep. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata skor sikap keseluruhan siswa dari siklus I ke II. Pada siklus I rata-rata skor sikap keseluruhan siswa yaitu 2,49 dalam kategori kurang baik dan siklus II mencapai 2,90 dalam kategori baik. Siswa bukan hanya sekedar menyenangi matematika tetapi sudah bersungguh-sungguh dalam belajar matematika dan mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu. Peningkatan pemahaman konsep dapat dilihat dari hasil tes dimana pada siklus II rata-rata persentase tes pemahaman konsep yaitu 69,44% dalam kategori sedang dan siklus II sebesar 77,59 % dalam kategori tinggi. Siswa telah dapat menyatakan ulang sebuah konsep dengan tepat dan dapat mempresentasikan konsep tersebut ke dalam model, diagram maupun simbol. Siswa juga telah mampu menerapkan konsep secara algoritma. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Sikap, Pemahaman Konsep, NHT kombinasi CTL en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) kombinasi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Peningkatan Sikap dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII E MTs Negeri Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account