Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan penalaran
matematis dan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis dan
kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori, (2) apakah
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif jika diterapkan dalam
pembelajaran matematika di SMP N 1 Adimulyo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1
Adimulyo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data
yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian
berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket kemandirian belajar
siswa. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t untuk uji
efektifitas.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan
kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis dan kemandirian
belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Sedangkan hasil dari uji
efektifitas terhadap model PBL menunjukkan bahwa model PBL tidak efektif jika
diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMP N 1 Adimulyo.