Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
matematika siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong dengan menggunakan
model kooperatif tipe NHT.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek
dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 Semester 2 SMA Negeri 1
Gombong yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 24 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes dan
dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar
siswa dan soal tes evaluasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan rumus rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa
kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong mengalami peningkatan setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Hal ini ditunjukkan
dengan persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari
60,94% pada siklus I, menjadi 79.69% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi
belajar matematika siswa, siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari
34,38% pada pra siklus, menjadi 62,50% pada siklus I dan meningkat kembali
81,25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model koopeatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
matematika siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong.