Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong tahun pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Ariani, Rizki
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:31:14Z
dc.date.available 2018-02-15T01:31:14Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2884
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 Semester 2 SMA Negeri 1 Gombong yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dan soal tes evaluasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Hal ini ditunjukkan dengan persentase keaktifan belajar siswa yang mengalami peningkatan dari 60,94% pada siklus I, menjadi 79.69% pada siklus II. Sedangkan untuk prestasi belajar matematika siswa, siswa yang tuntas KKM mengalami peningkatan dari 34,38% pada pra siklus, menjadi 62,50% pada siklus I dan meningkat kembali 81,25% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model koopeatif tipe NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject keaktifan, prestasi belajar matematika, dan Numbered Head Together (NHT) en_US
dc.title Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gombong tahun pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account