Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan diri
dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran
ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran
2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental
research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Negeri 36 Purworejo yang berjumlah 192 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa
kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan
untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika dan lembar
observasi kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada
penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk menghitung normalitas, uji Bartlett untuk
menghitung homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji multivariat dan
uji-t univariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 26,36 dan Ftabel sebesar
3,15, sehingga H0 ditolak. Hasil uji-t univariat diperoleh thitung = 2,205 dan ttabel =
1,946 untuk prestasi belajar siswa dan untuk kepercayaan diri diperoleh thitung =
6,258 dan ttabel = 1,946, sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa
kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun datar
segiempat dengan model Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan model
ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran
2015/2016.