Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Khusna, Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:40:15Z
dc.date.available 2018-02-15T01:40:15Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2886
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo yang berjumlah 192 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika dan lembar observasi kepercayaan diri siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Lilliefors untuk menghitung normalitas, uji Bartlett untuk menghitung homogenitas dan untuk uji hipotesis menggunakan uji multivariat dan uji-t univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung sebesar 26,36 dan Ftabel sebesar 3,15, sehingga H0 ditolak. Hasil uji-t univariat diperoleh thitung = 2,205 dan ttabel = 1,946 untuk prestasi belajar siswa dan untuk kepercayaan diri diperoleh thitung = 6,258 dan ttabel = 1,946, sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan prestasi belajar matematika siswa pada materi bangun datar segiempat dengan model Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan model ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kepercayaan diri, Prestasi belajar, Think Talk Write. en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kepercayaan Diri dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account