Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Konsep Diri, Interaksi Sosial, dan Kecemasan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Wardani, Risma Yovana Kusum
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:43:12Z
dc.date.available 2018-02-15T01:43:12Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2889
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara: (1) konsep diri; (2) interaksi sosial; (3) kecemasan; (4) konsep diri dan interaksi sosial; (5) konsep diri dan kecemasan; (6) interaksi sosial dan kecemasan; (7) konsep diri, interaksi sosial, dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah total 410 siswa, dengan sampel sebanyak 103 siswa yang ditentukan dengan penjumlahan subyek 25% dari populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah propotionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan korelasi pada taraf signifikan diperoleh: 2,894; 3,362; 2,743; 8,383; 7,005; 10,234. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) konsep diri; (2) interaksi sosial; (3) kecemasan; (4) konsep diri dan interaksi sosial; (5) konsep diri dan kecemasan; (6) interaksi sosial dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika; dan (7) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara konsep diri, inter-aksi sosial, dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 1,313. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Konsep Diri, Interaksi Sosial, Kecemasan, dan Prestasi Belajar Matematika en_US
dc.title Hubungan Konsep Diri, Interaksi Sosial, dan Kecemasan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account