dc.contributor.author |
Nurbeanti, Nissa |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T01:46:05Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T01:46:05Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2891 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif
tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) menghasilkan prestasi dan
keaktifan belajar yang lebih baik daripada strategi pembelajaran aktif tipe Quiz
Team pada siswa kelas VII SMP N 12 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Instrumen
pengumpulan data untuk mengukur prestasi belajar matematika menggunakan
soal objektif sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan dan memenuhi syaratsyarat
validitas dan reliabilitas. Sedangkan instrumen pengumpulan data untuk
mengukur keaktifan belajar menggunakan angket sebanyak 23 pernyataan yang
telah diujicobakan dan memenuhi syarat-syarat konsistensi internal dan
reliabilitas. Selanjutnya teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik
multivariat Hotelling’s T2 dan dilanjutkan dengan uji t univariat.
Dari hasil uji statistik multivariat diperoleh bahwa rerata prestasi dan
keaktifan belajar siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question
and Getting Answer (GQGA) tidak sama dengan strategi pembelajaran aktif tipe
Quiz Team. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan terletak pada variabel
prestasi atau keaktifan belajar maka dilanjutkan dengan uji t univariat secara
terpisah dan diperoleh bahwa: 1) prestasi belajar matematika siswa dengan
strategi pembelajaran aktif tipe GQGA lebih baik daripada strategi pembelajaran
aktif tipe Quiz Team, 2) keaktifan belajar siswa dengan strategi pembelajaran aktif
tipe GQGA lebih baik daripada strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team.
Dengan demikian, pembelajaran GQGA dapat diterapkan dalam pembelajaran
matematika sebagai strategi pembelajaran alternatif untuk menjadikan
pembelajaran matematika lebih baik, yang nantinya akan berimbas pada prestasi
dan keaktifan belajar matematika siswa. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Giving Question and Getting Answer (GQGA), Quiz Team, Prestasi, Keaktifan Belajar |
en_US |
dc.title |
Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan Quiz Team terhadap Prestasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |