Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan Quiz Team terhadap Prestasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Nurbeanti, Nissa
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:46:05Z
dc.date.available 2018-02-15T01:46:05Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2891
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) menghasilkan prestasi dan keaktifan belajar yang lebih baik daripada strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team pada siswa kelas VII SMP N 12 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes dan metode angket. Instrumen pengumpulan data untuk mengukur prestasi belajar matematika menggunakan soal objektif sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan dan memenuhi syaratsyarat validitas dan reliabilitas. Sedangkan instrumen pengumpulan data untuk mengukur keaktifan belajar menggunakan angket sebanyak 23 pernyataan yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat-syarat konsistensi internal dan reliabilitas. Selanjutnya teknik pengolahan data yang digunakan adalah statistik multivariat Hotelling’s T2 dan dilanjutkan dengan uji t univariat. Dari hasil uji statistik multivariat diperoleh bahwa rerata prestasi dan keaktifan belajar siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) tidak sama dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team. Selanjutnya untuk mengetahui perbedaan terletak pada variabel prestasi atau keaktifan belajar maka dilanjutkan dengan uji t univariat secara terpisah dan diperoleh bahwa: 1) prestasi belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA lebih baik daripada strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team, 2) keaktifan belajar siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe GQGA lebih baik daripada strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team. Dengan demikian, pembelajaran GQGA dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai strategi pembelajaran alternatif untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih baik, yang nantinya akan berimbas pada prestasi dan keaktifan belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Giving Question and Getting Answer (GQGA), Quiz Team, Prestasi, Keaktifan Belajar en_US
dc.title Studi Perbandingan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan Quiz Team terhadap Prestasi dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VII SMP N 12 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account