Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimen Model Pembelajaran Mathematic Missouri Project (MMP) dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Kubus dan Balok Terhadap Kemandirian dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Show simple item record

dc.contributor.author Natalia, Desi
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:48:58Z
dc.date.available 2018-02-15T01:48:58Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2894
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok dapat memberikan kemandirian dan pemahaman konsep yang lebih baik daripada metode ekspositori, (2) jika model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik, maka penerapan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing efektif terhadap pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat dan uji efektifitas menggunakan uji-t. Dari uji hipotesis dengan menggunakan uji-t multivariat diperoleh hasil rerata kemandirian belajar matematika dan pemahaman konsep siswa yang dikenai model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing berbeda dari rerata kemandirian belajar matematika dan pemahaman konsep siswa dengan metode ekspositori. Dilanjutkan uji univariat diperoleh hasil: (1) rerata kemandirian belajar siswa yang dikenai model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing sama dengan rerata kemandirian belajar siswa dengan metode ekspositori, (2) rerata pemahaman konsep siswa yang dikenai model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik dari rerata pemahaman konsep siswa dengan metode ekspositori. Untuk uji hipotesis efektifitas diperoleh hasil bahwa penggunaan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing tidak efektif. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa pemahaman konsep siswa kelas eksperimen pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran MMP dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada metode ekspositori, tetapi tidak efektif sehingga guru dituntut untuk dapat mengembangkan atau berinovasi terhadap model pembelajaran yang digunakan baik terhadap model pembelajaran MMP ataupun model pembelajaran yang lain agar siswa dapat mengimbangi jalannya diskusi, mencerna materi yang diberikan, serta tidak bosan terhadap pembelajaran karena tidak semua model atau metode pembelajaran yang lebih baik daripada metode eksopitori efektif digunakan. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Model Pembelajaran Mathematic Missouri Project (MMP), Metode Penemuan Terbimbing, Kemandirian, Pemahaman Konsep Siswa en_US
dc.title Eksperimen Model Pembelajaran Mathematic Missouri Project (MMP) dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Materi Kubus dan Balok Terhadap Kemandirian dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account