dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ketuntasan kemampuan
penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram
venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran
2011/2012 terhadap KKM masing-masing sekolah dan KKM ideal.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan
Wonosobo tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 650 siswa, dengan
sampel penelitian 7 kelas yang berjumlah 227 siswa. Pengambilan sampel penelitian
menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan soal tes
kompetensi dasar himpunan dan diagram venn yang terdiri dari 30 soal.
Analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan
penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram
venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/
2012 terhadap KKM masing-masing sekolah yang mencapai KKM paling tinggi
adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 56,97% dari 79 siswa dengan KKM sekolah
81. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan penguasaan siswa kelas
VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap
KKM ideal yang mencapai KKM ideal ada 118 dari 227 siswa. SMP yang mempunyai
persentase ketuntasan kemampuan penguasaan paling tinggi terhadap
KKM ideal adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 83,54%. Hasil analisis deskripsi
menunjukkan persentase tertinggi sebesar 93,33%; persentase terendah
33,33%; sehingga diperoleh rerata sebesar 56,30% dan standar deviasi 11,04. Hasil
pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel = -25,61 < -1,960; maka hipotesis
nol (H0) ditolak. Jadi, ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi
menggunakan konsep himpunan dan diagram venn belum mencapai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ketuntasan kemampuan
penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram
venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran
2011/2012 terhadap KKM masing-masing sekolah dan KKM ideal.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan
Wonosobo tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 650 siswa, dengan
sampel penelitian 7 kelas yang berjumlah 227 siswa. Pengambilan sampel penelitian
menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan soal tes
kompetensi dasar himpunan dan diagram venn yang terdiri dari 30 soal.
Analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan
penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram
venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/
2012 terhadap KKM masing-masing sekolah yang mencapai KKM paling tinggi
adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 56,97% dari 79 siswa dengan KKM sekolah
81. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan penguasaan siswa kelas
VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap
KKM ideal yang mencapai KKM ideal ada 118 dari 227 siswa. SMP yang mempunyai
persentase ketuntasan kemampuan penguasaan paling tinggi terhadap
KKM ideal adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 83,54%. Hasil analisis deskripsi
menunjukkan persentase tertinggi sebesar 93,33%; persentase terendah
33,33%; sehingga diperoleh rerata sebesar 56,30% dan standar deviasi 11,04. Hasil
pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel = -25,61 < -1,960; maka hipotesis
nol (H0) ditolak. Jadi, ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi
menggunakan konsep himpunan dan diagram venn belum mencapai KKM. |
en_US |