Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kemampuan Penguasaan Standar Kompetensi Menggunakan Konsep Himpunan dan Diagram Venn Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012

Show simple item record

dc.contributor.author Rochanah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-15T01:57:54Z
dc.date.available 2018-02-15T01:57:54Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2896
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap KKM masing-masing sekolah dan KKM ideal. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 650 siswa, dengan sampel penelitian 7 kelas yang berjumlah 227 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan soal tes kompetensi dasar himpunan dan diagram venn yang terdiri dari 30 soal. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/ 2012 terhadap KKM masing-masing sekolah yang mencapai KKM paling tinggi adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 56,97% dari 79 siswa dengan KKM sekolah 81. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan penguasaan siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap KKM ideal yang mencapai KKM ideal ada 118 dari 227 siswa. SMP yang mempunyai persentase ketuntasan kemampuan penguasaan paling tinggi terhadap KKM ideal adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 83,54%. Hasil analisis deskripsi menunjukkan persentase tertinggi sebesar 93,33%; persentase terendah 33,33%; sehingga diperoleh rerata sebesar 56,30% dan standar deviasi 11,04. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel = -25,61 < -1,960; maka hipotesis nol (H0) ditolak. Jadi, ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn belum mencapai KKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap KKM masing-masing sekolah dan KKM ideal. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 650 siswa, dengan sampel penelitian 7 kelas yang berjumlah 227 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan soal tes kompetensi dasar himpunan dan diagram venn yang terdiri dari 30 soal. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/ 2012 terhadap KKM masing-masing sekolah yang mencapai KKM paling tinggi adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 56,97% dari 79 siswa dengan KKM sekolah 81. Berdasarkan perhitungan ketuntasan kemampuan penguasaan siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012 terhadap KKM ideal yang mencapai KKM ideal ada 118 dari 227 siswa. SMP yang mempunyai persentase ketuntasan kemampuan penguasaan paling tinggi terhadap KKM ideal adalah SMP Negeri 1 Wonosobo sebesar 83,54%. Hasil analisis deskripsi menunjukkan persentase tertinggi sebesar 93,33%; persentase terendah 33,33%; sehingga diperoleh rerata sebesar 56,30% dan standar deviasi 11,04. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel = -25,61 < -1,960; maka hipotesis nol (H0) ditolak. Jadi, ketuntasan kemampuan penguasaan standar kompetensi menggunakan konsep himpunan dan diagram venn belum mencapai KKM. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject penguasaan, kompetensi dasar, dan himpunan. en_US
dc.title Kemampuan Penguasaan Standar Kompetensi Menggunakan Konsep Himpunan dan Diagram Venn Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Wonosobo Tahun Pelajaran 2011/2012 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account