dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V
SD Negeri 2 Jangkrikan pada materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2
Jangkrikan yang berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pelajaran
matematika meningkat dari 64,7 atau 45,45% siswa mendapat nilai di atas KKM
yaitu 71 pada siklus I, menjadi 72,4 atau 81,81% siswa mendapat nilai di atas
KKM pada siklus II. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka metode pembelajaran
Kumon dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2
Jangkrikan pada materi pengukuran jarak, waktu, dan kecepatan. |
en_US |
dc.title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kumon pada Materi Pengukuran Jarak, Waktu, dan Kecepatan, Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan Tahun Pelajaran 2013/2014.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kumon pada Materi Pengukuran Jarak, Waktu, dan Kecepatan, Siswa Kelas V SD Negeri 2 Jangkrikan Tahun Pelajaran 2013/2014. |
en_US |