Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan
penguasaan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Mranti
Purworejo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian
diperoleh dari hasil observasi dan tes siklus. Teknik analisis data yang
dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan didukung data
kualitatif dan kuantitatif.
Diperoleh hasil penelitian bahwa model pembelajaran Learning Cycle
dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa. Hal ini
terlihat dari nilai rata-rata kelas tes siklus I dan II. Nilai rata-rata yang diperoleh
siswa pada tes penguasaan konsep siklus I adalah 72,77 kemudian meningkat
menjadi 78,68 di akhir siklus II. Persentase siswa yang mencapai ketuntasan
belajar, dari 59,09% menjadi 84%. Selain itu, persentase motivasi belajar siswa
juga ikut meningkat dari 68,05% pada siklus I menjadi 75,35% di siklus II.