Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Materi Matriks Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Dini Lestari
dc.date.accessioned 2018-02-15T02:09:43Z
dc.date.available 2018-02-15T02:09:43Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2906
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional pada kopetensi dasar matriks kelas X semester genap SMA Negeri 1 Wonosari Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrument tes belajar matematika. Instrument tersebut diujicobakan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas tes dihitung dengan rumus product moment correlation angka kasar dan reliabilitas tes dihitung dengan rumus Rullon yaitu dengan rumus belahan dua awal-akhir. Prestasi tes belajar matematika siswa kelompok eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square memiliki rata-rata 61,09 sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 54,53. Dari data tersebut dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi dengan metode Bartlett. Dengan (Ξ±) = 0,05 diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesisi dengan uji t. Dengan (Ξ±) = 0,05 menunjukan 𝑡𝑡𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 = 2,18 dan 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 1,669804 karena 𝑡𝑡𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜𝑜 > 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe word square lebih baik dari pada prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran konvensional pada materi matriks pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2013/2014”, en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject word square, prestasi belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Materi Matriks Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account