Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran PMRI dan Make a Match dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Letak Bilangan pada Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD se- Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Ngadnan
dc.date.accessioned 2018-02-15T02:22:44Z
dc.date.available 2018-02-15T02:22:44Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2917
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang dikenai model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada yang dikenai model pembelajaran PMRI dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Make a Match dan PMRI efektif dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan letak bilangan pada garis bilangan siswa kelas III SD se- Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD se-Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yakni sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumen dan metode tes. Dari hasil pengolahan data diperoleh rerata hasil belajar matematika kelas eksperimen 1 adalah 71,25 dan kelas eksperimen 2 adalah 73,33. Dari perhitungan uji keefektifan diperoleh harga statistik uji untuk PMRI t obs = 2,837 dan t tabel = 1,729 serta untuk Make a Match t obs = 4,004 dan t tabel = 1,725. Karena maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PMRI dan Make a Match efektif. Sedangkan pada pengujian hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh diperoleh t obs = 2,199, dengan dk = 39 dan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,960. Karena maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang dikenai model pembelajaran Make a Match lebih efektif daripada yang dikenai model pembelajaran PMRI. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject PMRI, Make a Match, hasil belajar matematika, Sekolah Dasar en_US
dc.title Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran PMRI dan Make a Match dalam Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Letak Bilangan pada Garis Bilangan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD se- Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account