dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang
dikenai model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada yang dikenai
model pembelajaran PMRI dan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran Make a Match dan PMRI efektif dalam pembelajaran matematika
pada pokok bahasan letak bilangan pada garis bilangan siswa kelas III SD se-
Gugus Budi Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD se-Gugus Budi
Utomo Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Sampel penelitian ini
adalah 2 kelas yakni sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik
sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode pengumpulan
data menggunakan metode dokumen dan metode tes.
Dari hasil pengolahan data diperoleh rerata hasil belajar matematika kelas
eksperimen 1 adalah 71,25 dan kelas eksperimen 2 adalah 73,33. Dari perhitungan
uji keefektifan diperoleh harga statistik uji untuk PMRI t obs = 2,837 dan t tabel =
1,729 serta untuk Make a Match t obs = 4,004 dan t tabel = 1,725. Karena
maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran PMRI dan Make a Match efektif. Sedangkan pada pengujian
hipotesis yang menggunakan uji t diperoleh diperoleh t obs = 2,199, dengan dk =
39 dan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,960. Karena maka H0 ditolak,
sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika yang dikenai model
pembelajaran Make a Match lebih efektif daripada yang dikenai model
pembelajaran PMRI. |
en_US |