Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Mencongak Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Parwatiningsih
dc.date.accessioned 2018-02-15T02:26:10Z
dc.date.available 2018-02-15T02:26:10Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2919
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mencongak operasi hitung bilangan siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 lebih rendah dari atau sama dengan 65 atau lebih tinggi dari 65, (2) kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 lebih rendah dari atau sama dengan 65 atau lebih tinggi dari 65, (3) hubungan antara mencongak operasi hitung bilangan bulat dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat pada siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se- Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 140 siswa, sedangan sampel dalam peneitian ini 5 sekolah SD se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan t-test dan korelasi Product Moment. Dari analisis data diperoleh hasil t-test mencongak operasi hitung bilangan bulat menunjukan harga thitung= -1,75 sedangkan harga ttabel =1,658 sehingga thitung < ttabel, hal ini berarti kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat lebih rendah atau sama dengan 65. Hasil t-test kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat menunjukan harga thitung= -2,80 sedangkan harga ttabel = 1,658 sehingga thitung < ttabel Hal ini berarti kemam-puan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat lebih rendah atau sa-ma dengan 65. Sedangkan pada pengujian hipotesis korelasi diperoleh koefisien korelasi 0,59 dan dari uji-t diperoleh thitung sebesar 7,20 dan ttabel = 1,98 maka thitung > ttabel yang menandakan adanya hubungan yang signifikan. Berdasarkan ha-sil uji hipotesis, maka dapat disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara mencongak operasi hitung bilangan bulat dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject hubungan, mencongak operasi hitung bilangan, kemampuan menyelesaikan soal cerita en_US
dc.title Hubungan Mencongak Operasi Hitung Bilangan Bulat dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas V SD Negeri Se-Gugus Ahmad Yani Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account