dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika dengan menggunakan metode diskusi kelompok jenis syndicate
group dalam pokok bahasan kubus dan balok lebih baik dibandingkan prestasi
belajar matematika dengan pembelajaran ceramah pada siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Puring tahun ajaran 2013/2014.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1
Puring yang terbagi menjadi enam kelas, yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII
D, VIII E, VIII F, dan VIII G. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas
yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas
kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling.
Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Metode pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika
siswa setelah dikenai perlakuan sebagai variabel terikatnya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi
belajar matematika kelas eksperimen sebesar 84 dan kelas kontrol sebesar 77,375.
Uji hipotesis menggunakan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan
metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik dari pada siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah pada materi kubus dan balok
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Puring Tahun Ajaran 2014. |
en_US |