Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar
siswa dan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Number Head
Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 35 Purworejo tahun pelajaran
2013/2014.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu
planning-acting-observing-reflecting yang terdiri dari dua siklus. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen dalam
penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan
analisa deskriptif komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dan
pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model
pembelajaran Number Head Together (NHT). Peningkatan keaktifan belajar klasikal
siswa pada siklus I terhadap siklus II dari 60% menjadi 76,21%. Selain itu,
peningkatan pemahaman konsep siswa siklus I terhadap siklus II dari rata-rata 31,71
menjadi 71,03 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 9% dan siklus II
75%.