Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Ahdika, Ardli
dc.date.accessioned 2018-02-15T02:59:07Z
dc.date.available 2018-02-15T02:59:07Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2926
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu planning-acting-observing-reflecting yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Peningkatan keaktifan belajar klasikal siswa pada siklus I terhadap siklus II dari 60% menjadi 76,21%. Selain itu, peningkatan pemahaman konsep siswa siklus I terhadap siklus II dari rata-rata 31,71 menjadi 71,03 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I 9% dan siklus II 75%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject peningkatan, keaktifan belajar, pemahaman konsep, Number Head Together (NHT) en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) untuk Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account