dc.contributor.author |
Mulyani, Ari |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:00:44Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:00:44Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2927 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan keaktifan
belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas V
SD Negeri Kragilan Purworejo tahun ajaran 2013/2014. (2) meningkatkan
prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran make a match pada
kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo yang
berjumlah 18 anak. Faktor yang diteliti berupa peningkatan keaktifan dan
prestasi belajar matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode observasi dan tes prestasi belajar pada akhir
siklus. Analisis data menggunakan analisis data diskriptif presentase.
Hasil penelitian ini adalah bahwa menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan
keaktifan dan prestasi belajar siswa. Sebelum dilakukan penelitian keaktifan
siswa hanya mencapai 39% (kategori kurang). Pada siklus I keaktifan siswa
mencapai 50% (kategori cukup) dan pada siklus II keaktifan siswa meningkat
mencapai 60% (kategori aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
hanya mencapai 47,39% (kategori kurang). Pada siklus I mencapai 67,22%
(kategori cukup) dan pada siklus II meningkat 79,44% (kategori tinggi). |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Make A Match, Keaktifan, Prestasi Belajar |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas V SD Negeri Kragilan Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |