dc.contributor.author |
Purwaningsih, Ari Suswanti |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:05:38Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:05:38Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2929 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi
belajar siswa kelas VII dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) lebih baik daripada model Talking Stick pada materi
Aritmetika Sosial di SMP Negeri 35 Purworejo.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental
research) Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri
35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini berjumlah 66
siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik
sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa.
Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas
instrumen menggunakan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yang digunakan
yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas
menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi
yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis menggunakan
uji t.
Hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa rerata pada kelas
eksperimen I adalah 71,21 sedangkan kelas eksperimen II adalah 63,94. Setelah
dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs sebesar 2,424
dan ttabel sebesar 1,960 sehingga H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan
bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menghasilkan
prestasi belajar yang lebih baik daripada model Talking Stick pada materi
aritmetika sosial siswa kelas VII SMP 35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Numbered Heads Together (NHT), Talking Stick, Prestasi Belajar |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Talking Stick Pada Materi Aritmetika Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |