Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Talking Stick Pada Materi Aritmetika Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Purwaningsih, Ari Suswanti
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:05:38Z
dc.date.available 2018-02-15T03:05:38Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2929
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa kelas VII dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada model Talking Stick pada materi Aritmetika Sosial di SMP Negeri 35 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental research) Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini berjumlah 66 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa. Validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus KR-20. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Dengan α = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa rerata pada kelas eksperimen I adalah 71,21 sedangkan kelas eksperimen II adalah 63,94. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa tobs sebesar 2,424 dan ttabel sebesar 1,960 sehingga H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model Talking Stick pada materi aritmetika sosial siswa kelas VII SMP 35 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Numbered Heads Together (NHT), Talking Stick, Prestasi Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Talking Stick Pada Materi Aritmetika Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account