Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi pembelajaran matematika model teams games tournament (TGT) pada materi persegi panjang dan persegi terhadap prestasi belajar siswa kelas SMP N 2 Kutowinangun Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Riyanto, Aris
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:09:51Z
dc.date.available 2018-02-15T03:09:51Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2931
dc.description.abstract Tujuan pada penelitian ini adalah : apakah pembelajaran TGT dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi persegi panjang dan persegi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian yatu kelas VII E sebagi kelas eksperimen sedangkan kelas VII F sebagi kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika dan observasi. Instrumen tes diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas diuji dengan korelasi product moment dengan angka kasar, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Untuk menentukan tingkat kesukaran tiap – tiap butir tes digunakan rumus: TK Daya pembeda dapat dihitung dengan rumus : DP Setelah diberi perlakuan hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi Uji prasyarat Analisis Variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Dengan α = 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis , setatistik yang digunakan adalah uji – z. dengan taraf signifikansi 0,05 didapat ztabel z0,05 = 1,645; DK = {z | z > 1,645} zobs =2,05 ∈ DK zobs ∈ DK yang menyebabkan H0 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran model TGT lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai pembelajaran model konvensional. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif Model TGT Dan Konvensional, Prestasi Belajar. en_US
dc.title Eksperimentasi pembelajaran matematika model teams games tournament (TGT) pada materi persegi panjang dan persegi terhadap prestasi belajar siswa kelas SMP N 2 Kutowinangun Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account