Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dan
efektivitas model pembelajaran siswa IX MTs Negeri 1 Kebumen Tahun
Pelajaran 2013/2014 pada materi kesebangunan dengan Model Pembelajaran
Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran CD Interaktif Tangram lebih
baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Negeri 1 Kebumen
Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 31
siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengambilan data
menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diujikan, tes
hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji
prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan.
Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan, dan uji efektivitas
menggunakan uji rataan z pihak kanan.
Setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 73,38 dan nilai
rataan kelas kontrol adalah 68,83. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh tobs =
1,9444, sedangkan ttabel = 1,670649 sehingga tobs > ttabel . Oleh karena itu, tobs DK
sehingga H0 ditolak. Hal ini mengakibatkan H1 diterima. Jadi, hasil belajar
matematika siswa pada materi kesebangunan dengan menggunakan model
pembelajaran Problem Posing berbantuan media pembelajaran CD Interaktif
Tangram lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Setelah uji hipotesis dilakukan, ada uji lanjutan yaitu uji efektivitas. Uji
efektivitas dilakukan jika H1 diterima. Dari perhitungan diperoleh tobs = 1,88343,
sedangkan ttabel =1,697261 sehingga tobs > ttabel . Oleh karena itu, tobs DK
sehingga H0 ditolak. Hal ini mengakibatkan H1 diterima. Artinya Penggunaan
model pembelajaran Problem Posing berbantuan media pembelajaran CD
Interaktif Tangram efektif.