Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran CD Interaktif Tangram Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Desyanti, Chichi Ika
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:13:31Z
dc.date.available 2018-02-15T03:13:31Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2934
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dan efektivitas model pembelajaran siswa IX MTs Negeri 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kesebangunan dengan Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran CD Interaktif Tangram lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Negeri 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum diujikan, tes hasil belajar diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji keseimbangan. Pengujian hipotesis menggunakan uji rataan t pihak kanan, dan uji efektivitas menggunakan uji rataan z pihak kanan. Setelah perlakuan, diperoleh rataan nilai kelas eksperimen 73,38 dan nilai rataan kelas kontrol adalah 68,83. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh tobs = 1,9444, sedangkan ttabel = 1,670649 sehingga tobs > ttabel . Oleh karena itu, tobs DK sehingga H0 ditolak. Hal ini mengakibatkan H1 diterima. Jadi, hasil belajar matematika siswa pada materi kesebangunan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media pembelajaran CD Interaktif Tangram lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Setelah uji hipotesis dilakukan, ada uji lanjutan yaitu uji efektivitas. Uji efektivitas dilakukan jika H1 diterima. Dari perhitungan diperoleh tobs = 1,88343, sedangkan ttabel =1,697261 sehingga tobs > ttabel . Oleh karena itu, tobs DK sehingga H0 ditolak. Hal ini mengakibatkan H1 diterima. Artinya Penggunaan model pembelajaran Problem Posing berbantuan media pembelajaran CD Interaktif Tangram efektif. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Efektivitas, Problem Posing, hasil belajar. en_US
dc.title Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Pembelajaran CD Interaktif Tangram Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX MTs Negeri 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account