Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar
menggunakan metode pair cheks pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil
tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru
mata pelajaran matematika kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Kepil
yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan
masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari
instrumen penelitian yaitu observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data
menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel
persentase dan grafik untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran
matematika dengan menggunakan metode pair cheks dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa kelas VIII B SMP N 3 Kepil. Hal ini ditunjukkan dengan
rata-rata persentase hasil observasi pada Siklus I sebesar 60,79% dan mengalami
peningkatan pada Siklus II menjadi 77.52% dengan kriteria tinggi. Nilai rata-rata
tes hasil belajar pada siklus I adalah 52,38 dan mengalami peningkatan pada
siklus II menjadi 85,71. Berdasarkan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM)
mencapai 75, maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil.