Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika menggunakan model Two stay Two Stray dan Number Heads Together terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsambung Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Febriyani, Dhian
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:19:35Z
dc.date.available 2018-02-15T03:19:35Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2938
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada pretasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP Negeri I Karangsambung Tahun Pelajaran 2013/2014”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsambung tahun pelajaran 2013/2014, terdiri dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Terdiri dari kelas VIII D sebagai kelas eksperimen II dan kelas VIII E sebagai eksperimen I. Pengumpulan data diperoleh dengan metode dokumentasi dan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembedanya. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen I dan kelas eksperiman II, data analisis menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua variansi, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan, perolehan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I mencapai 72,5, sedangkan pada kelas eksperimen II rataratanya 67,71. Dari hasil perhitungan statistik uji hipotesis diperoleh tobs = 2,0514 dengan α = 0,05, dari daftar distribusi t didapat ttabel = 1,99897. Karena tobs > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima,diperoleh kesimpulan sebagai berikut: prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada pretasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP Negeri I Karangsambung Tahun Pelajaran 2013/2014”. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Two stay Two stray, Number Heads Together, Prestasi Belajar en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika menggunakan model Two stay Two Stray dan Number Heads Together terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangsambung Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account