Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-prompting dan Scramble pada Materi Lingkaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sukmawati, Endhang
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:23:21Z
dc.date.available 2018-02-15T03:23:21Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2940
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada materi lingkaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 36 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen I dan 32 siswa kelas eksperimen II. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data setelah perlakuan menggunakan uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett dengan taraf signifikansi 0,05 kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Diperoleh hasil rataan nilai kelas eksperimen I 77,63 dan nilai rataan kelas eksperimen II 72, 13. Uji hipotesis diperoleh 𝑡 hitung =1,836, sedangkan 𝑡 tabel = 1,6698 sehingga thitung > 𝑡𝑡abel . Oleh karena itu, 𝑡 hitung ∈ DK sehingga 𝐻𝑜 ditolak. Jadi, prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, probing-prompting, dan scramble en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-prompting dan Scramble pada Materi Lingkaran terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 36 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account