Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP N 2 Sruweng Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Riani, Erna
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:25:04Z
dc.date.available 2018-02-15T03:25:04Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2942
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah ada perbedaan antara gaya belajar auditori, visual dan kinestetik terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan selama 8 bulan dari bulan Februari 2013 sampai dengan bulan september 2013. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII sebanyak 216 siswa dan diambil sampel sebanyak 72 siswa dengan random sampling. Data diperoleh dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Metode angket digunkan untuk memperoleh data tentang gaya belajar siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk melihat prestasi siswa sebelum dilakukan penelitian. Pengujian hipotesis menggunkan analisis variansi satu jalan. Analisis data menggunaan uji prasyarat. Sebelum data dianalisis maka dilakukan uji normalitas sebanyak tiga kali yaitu untuk mengetahui kenormalan gaya belajar auditori, visual dan kinestetik. Dilanjutkan dengan uji homogenitas varians dengan uji Barlett. Setelah diketahui bahwa sampel berdistribusi normal dan populasinya homogenitas maka langkah selanjutnya dihitung uji hipotesisnya dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan dari 72 responden, 53 siswa menggunakan gaya belajar kinestetik 10 siswa menggunakan gaya belajar auditori dan 9 siswa menggunakan gaya belajar visual. Uji normalitas gaya belajar auditori menunjukkan bahwa 𝐿𝑜𝑏𝑠 = 0,2103, dari 𝐷𝐾 = 𝐿0,05;32 = 0,2580 uji normalitas gaya belajar visual menunjukan bahwa 𝐿𝑜𝑏𝑠 = 0,1887dari DK = 𝐿0,05;9 = 0,2710; sedangkan uji normalitas untuk gaya belajar kinestetik menunjukkan bahwa 𝐿𝑜𝑏𝑠 = 0,1065dari DK = 𝐿0,05;53 = 0,1217 dari ketiga gaya belajar tersebut diketahui bahwa ketiga gaya belajar tersebut berdistribusi normal. Dari data tersebut juga diketahui bahwa ketiga gaya belajar tersebut populasinya homogen dapat dilihat dari 𝜒2 β„Ž𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,1741dari DK = 𝜒2|𝜒2 > 5,991. Hipotesisnya menunjukan bahwa 𝐹Robs= 0,5652 sedangkan DK={𝐹|𝐹 > 3,15} ini menunjukan bahwa ketiga gaya belajar tersebut memiliki pengaruh yang sama terhadap prestasi belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara gaya belajar auditori, visual dan kinestetik tidak ada yang lebih unggul ketiganya pengaruhnya sama. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject gaya belajar auditori, visual dan kinestetik en_US
dc.title Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP N 2 Sruweng Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account