Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penerapan Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Banjarwinangun Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Anggriawan, Ferry
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:28:18Z
dc.date.available 2018-02-15T03:28:18Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2944
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Model pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014; (2) Model pembelajaran tematik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas III SD Negeri Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu observasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel persentase dan grafik untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun. Hal ini ditunjukkan dengan rerata persentase hasil observasi pada siklus I sebesar 62,04% dengan kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,55% dengan kategori tinggi. Rerata nilai tes prestasi belajar pada siklus I adalah 69,823 dengan persentase ketuntasan mencapai 64,70% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,294 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Berdasarkan Kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriterium Kelulusan Minimal yaitu 70 maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject minat belajar, prestasi belajar, matematika, tematik en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Banjarwinangun Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account