dc.contributor.author |
Anggriawan, Ferry |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:28:18Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:28:18Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2944 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Model pembelajaran
tematik dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas III SD Negeri
Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014; (2) Model pembelajaran tematik
dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri
Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas III SD Negeri
Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun tahun pelajaran 2013/2014 yang
berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masingmasing
siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen
penelitian yaitu observasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data
menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel
persentase dan grafik untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran
matematika dengan penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan
minat dan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Banjarwinangun. Hal ini
ditunjukkan dengan rerata persentase hasil observasi pada siklus I sebesar 62,04%
dengan kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
75,55% dengan kategori tinggi. Rerata nilai tes prestasi belajar pada siklus I
adalah 69,823 dengan persentase ketuntasan mencapai 64,70% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 84,294 dengan persentase ketuntasan 82,35%.
Berdasarkan Kriteria keberhasilan tindakan telah mencapai lebih dari 70% siswa
yang memperoleh nilai lebih atau sama dengan nilai Kriterium Kelulusan Minimal
yaitu 70 maka pembelajaran pada siklus II sudah berhasil. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
minat belajar, prestasi belajar, matematika, tematik |
en_US |
dc.title |
Penerapan Model Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Banjarwinangun Tahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |