dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar matematika pada kelas X semester genap siswa
SMK N 1 Sapuran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi
penelitian ini semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Sapuran tahun pelajaran
2012/2013 dengan jumlah siswa 263. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa,
ditentukan 20% dari populasi. Pengambilan sampel menggunakan Simple
Random Sampling. Pengambilan data menggunakan angket yang sudah diuji
cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis
menggunakan uji rataan t ekor kanan, ekor kiri. Sebelum data penelitian yang
diperoleh dianalisis dilakukan uji prasyarat analisis variansi yaitu normalitas
dengan metode lilliefors dan uji homogenitas dengan metode bartlett dengan taraf
signifikansi Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan
uji t.
Dari hasil perhitungan uji t dengan derajat kebebasan 51 dengan taraf
signifikansi menunjukan besar harga tobs = 3,401, sehingga diperoleh
DK={t | t > 2,007 atau t <-2,007}. Karena hasil tobs lebih besar dari ttabel maka H0
ditolak. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikansi antara kecerdasan
emosional dengan prestasi belajar matematika kelas X semester genap SMK
Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2012/2013. Apabila kecerdasan emosional
siswa tinggi, maka hasil prestasi belajar matematika baik, dan apabila kecerdasan
emosional siswa sedang maka hasil prestasi belajar matematika siswa tersebut
sedang, serta apabila kecerdasan emosional siswa rendah maka hasil prestasi
belajar matematika kurang baik. |
en_US |