Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran MASTER Ditinjau Dari Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Handayani, Fitri
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:32:00Z
dc.date.available 2018-02-15T03:32:00Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2949
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran MASTER memberikan prestasi belajar lebih baik dari pada model pembelajaran SAVI pada materi perbandingan, apakah kemandirian belajar tinggi memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari kemandirian sedang maupun rendah pada materi perbandingan, apakah ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014, sedangkan sampelnya adalah satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Teknik sampling penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 17 soal. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas Lilliefors, uji homogenitas dengan Bartlett, uji hipotesis dengan uji Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama dan uji Komparasi Ganda (Scheffe). Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran MASTER lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran SAVI; (2) siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika sedang dan rendah, dan siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kemandirian belajar matematika rendah: (3) prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kemandirian baik tinggi, sedang, maupun rendah dengan model pembelajaran MASTER memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject SAVI, MASTER, Kemandirian, Prestasi en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran MASTER Ditinjau Dari Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account