Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Kompetensi Segitiga Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Nurdiyanto, Hari
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:34:28Z
dc.date.available 2018-02-15T03:34:28Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2952
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah prestasi belajar matematika peserta didik pada kompetensi segitiga dengan model Missouri Mathemathics Project (MMP) akan lebih baik jika dibandingkan pembelajaran dengan model ekspositori, (2) mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik dengan motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik dengan motivasi sedang dan rendah. Mengetahui apakah prestasi belajar peserta didik dengan motivasi sedang lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik dengan motivasi rendah dan (3) mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar matematika pada kompetensi segitiga terhadap prestasi belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 23 Purworejo tahun pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 6 kelas yaitu kelas VIIAVIIF. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel berjumlah 64 responden yang terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas VIIA digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas VIIC sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Tes sebelum diujicobakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Bartlett, memiliki kemampuan yang sama. Uji keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 5%. Dari pengolahan uji data sebelum dan sesudah perlakuan diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansi yang sama. Dari uji hipotesis komparasi rataan antar baris dan komparasi rataan antar kolom diperoleh: (1) F1-2 = 10,4636 dan Ftabel = 4,076, dengan 􀟙= 0.05. yang mengakibatkan 􀜪􀬴ditolak, artinya prestasi belajar peserta didik yang mendapat model pembelajaran matematika Missouri Mathematics Project (MMP) lebih baik dibandingkan prestasi belajar peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran matematika Ekspositori pada kompetensi Segitiga, (2) F1-2 = 27,67131 dan Ftabel = 6,452, dengan 􀟙= 0.05, yang mengakibatkan 􀜪􀬴ditolak, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi sedang, (3) F1-3 = 26,6930 dan Ftabel = 6,452, dengan 􀟙= 0.05, yang mengakibatkan 􀜪􀬴ditolak, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi tinggi lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi rendah, (4) F2-3 = 1,9418 dan Ftabel = 6,452, dengan 􀟙= 0.05, yang mengakibatkan 􀜪􀬴diterima, artinya prestasi belajar peserta didik motivasi sedang tidak lebih baik daripada prestasi belajar peserta didik motivasi rendah. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject prestasi belajar, motivasi belajar, missouri mathematics project, ekspositori. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Kompetensi Segitiga Ditinjau dari Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account