dc.contributor.author |
Harniti |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:36:13Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:36:13Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2954 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada
materi peluang suatu kejadian dengan metode Discovery pada siswa SMK YPP
Purworejo kelas XI TM E Tahun Pelajaran 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
TM E SMK YPP Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 42 siswa.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan metode tes. Instrumen
yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes.
Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi
persentase.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode Discovery
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TM E SMK YPP Purworejo
Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dilihat dari hasil rerata persentase aktivitas
belajar siswa kelas XI TM E SMK YPP Purworejo sebesar 54,5% pada siklus I
meningkat menjadi 70,5% pada siklus II sehingga memenuhi indikator. Pada
siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal siswa kelas XI TM E
SMK YPP Purworejo sebesar 59,52% dengan rerata nilai 68,81 dan meningkat
menjadi 85,71% dengan rerata nilai 81,19 pada siklus II sehingga memenuhi
indicator yaitu persentase ketuntasan belajar klasikal minimal mencapai 60%
dengan nilai KKM 70. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
hasil belajar, matematika, metode Discovery |
en_US |
dc.title |
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Discovery pada Siswa SMK YPP Purworejo Kelas XI TM E Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |