dc.contributor.author |
Purwanto, Heri |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:40:09Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:40:09Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2957 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
matematika pada siswa kelas VSD N Wonorotomelalui strategi belajar PQ4Rpada materi
menghitung volume kubus dan balok tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Wonoroto. Objek dalam
penelitian ini adalah proses pada penerapan strategi belajar PQ4R. Pengumpulan data
menggunakan lembar angket dan lembar tes hasil belajar yang telah diuji dan telah
memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil
analisis data disajikan dalam bentuk tabel presentase dan diagram untuk mengetahui
peningkatan motivasi dan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar matematika di
kelas V SD N Wonoroto meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase rata-rata
motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 69,35% meningkat menjadi 75,05% pada
siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,78 meningkat
menjadi 80,65 pada siklus II.Hasil tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu
75% untuk rata-rata motivasi belajar siswa dan 70 untuk kriteria ketuntasan minimal.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N Wonoroto pada materi
menghitung volume kubus dan balok tahun pelajaran 2013/2014. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Motivasi, hasil belajar matematika, PQ4R |
en_US |
dc.title |
Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika SiswaKelas V SD N Wonoroto Menggunakan Strategi Belajar PQ4R pada Materi Menghitung VolumeKubus danBalokTahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |