Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick dan Two Stay- Two Stray (TS-TS) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 29 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Sasongko, Ilham Aji
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:44:11Z
dc.date.available 2018-02-15T03:44:11Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2959
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay- Two Stray (TS-TS) pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMP N 29 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 29 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari lima kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dan VIII E dengan jumlah 119 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih sebagai kelompok eksperimen 1 adalah siswa kelas VIII C sedangkan untuk kelompok eksperimen 2 adalah siswa kelas VIII D. Pengambilan data penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes prestasi belajar matematika siswa berupa delapan soal essay. Validitas tes hasil belajar diuji dengan uji validitas isi yang telah dilakukan dan dipertimbangkan dengan validasi oleh para ahli atau validator. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Lilliefors, dan uji homogenitas variansi menggunakan metode Barlett dengan statistik uji Chi Kuadrat dan uji keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dari uji prasyarat analisis diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, dan variansinya homogen. Dari analisis tahap awal diperoleh bahwa kedua kelompok memiliki kemampuan awal yang sama. Dari uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa thitung = 1,990 > 1,645 = ttabel sehingga H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS pada materi SPLDV lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject TS, TS-TS, prestasi belajar matematika en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick dan Two Stay- Two Stray (TS-TS) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 29 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account