Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Suprihatin, Istya Indah
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:46:15Z
dc.date.available 2018-02-15T03:46:15Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2960
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar siswa matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Soving (CPS). Model pembelajaran ini diterapkan pada materi menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Purworejo pada siswa kelas VIID tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur tingkat/kategori kreativitas belajar siswa dan soal tes yang berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data diperoleh pada siklus I rata-rata kreativitas belajar siswa mencapai 66% mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata kreativitas belajar siswa mencapai 77%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai 64,77 dengan ketuntasan klasikal 32% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan menjadi 72,74 dengan ketuntasan klasikal 74%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIID SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Creative Problem Solving (CPS), kreativitas belajar, hasil belajar matemtaka. en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account