dc.contributor.author |
Suprihatin, Istya Indah |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:46:15Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:46:15Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2960 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil
belajar siswa matematika dengan menggunakan model pembelajaran Creative
Problem Soving (CPS). Model pembelajaran ini diterapkan pada materi
menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel,
dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 35 Purworejo pada siswa kelas VIID tahun pelajaran
2013/2014 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12
siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan
metode tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengukur
tingkat/kategori kreativitas belajar siswa dan soal tes yang berbentuk essay.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif.
Hasil analisis data diperoleh pada siklus I rata-rata kreativitas belajar siswa
mencapai 66% mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata kreativitas belajar
siswa mencapai 77%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai
64,77 dengan ketuntasan klasikal 32% dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II
mengalami peningkatan menjadi 72,74 dengan ketuntasan klasikal 74%. Dari
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan
kreativitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIID SMP Negeri 35
Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Creative Problem Solving (CPS), kreativitas belajar, hasil belajar matemtaka. |
en_US |
dc.title |
Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIID SMP Negeri 35 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |