Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Mode Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa Kelas VII MTs Negeri Kaleng Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Hakim, Mahbub
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:48:47Z
dc.date.available 2018-02-15T03:48:47Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2962
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran NHT Tidak lebih baik dari pada model pembelajaran ceramah pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada siswa MTs Negeri Kaleng tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kaleng yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Claster random sampling. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data. Validitas instrument tes diuji dengan korelasi product- moment memakai angka kasar dan reliabilitas tes diuji dengan KR-20,. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan akhir semester I. Dari data tersebut dilakukan uji analisis dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji Barlett untuk uji homogenitas variansi dan uji t untuk uji keseimbangan. Dengan 􀟙 􀵌 0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansi-variansinya homogen dan berasal dari populasi yang memiliki kemampuan awal yang sama (seimbang). Setelah kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran NHT dan kelas kontrol diberi pembelajaran matematika dengan metode caramah, kedua kelas diberi tes prestasi belajar matematika pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Setelah diberi perlakuan hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan 􀟙 􀵌 0.05 diperoleh kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji 􀝐. Dengan 􀟙 􀵌 0.05 menujukkan 􀝐􀯢􀯕􀯦 􀵌 2.481 􀵐 1.645 􀵌 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 sehingga 􀜪􀬴 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran NHT lebih baik daripada model pembelajaran ceramah pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada siswa MTs Negeri Kaleng tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran NHT, Prestasi Belajar, Linear satu variabel en_US
dc.title Eksperimentasi Mode Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa Kelas VII MTs Negeri Kaleng Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US
ο»Ώ

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account