dc.contributor.author |
Hakim, Mahbub |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T03:48:47Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T03:48:47Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2962 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Prestasi belajar
matematika dengan model pembelajaran NHT Tidak lebih baik dari pada model
pembelajaran ceramah pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu
Variabel pada siswa MTs Negeri Kaleng tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII MTs Negeri Kaleng yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan
sampel dilakukan secara Claster random sampling. Sampel dalam penelitian
terdiri dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas
kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen
tes prestasi belajar matematika. Instrumen diujicobakan sebelum digunakan untuk
pengambilan data. Validitas instrument tes diuji dengan korelasi product- moment
memakai angka kasar dan reliabilitas tes diuji dengan KR-20,.
Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan akhir semester I. Dari data
tersebut dilakukan uji analisis dengan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji
Barlett untuk uji homogenitas variansi dan uji t untuk uji keseimbangan. Dengan
0.05 diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal,
variansi-variansinya homogen dan berasal dari populasi yang memiliki
kemampuan awal yang sama (seimbang). Setelah kelas eksperimen diberi
perlakuan dengan metode pembelajaran NHT dan kelas kontrol diberi
pembelajaran matematika dengan metode caramah, kedua kelas diberi tes prestasi
belajar matematika pokok bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu
Variabel.
Setelah diberi perlakuan hasil tes prestasi belajar siswa tersebut di lakukan
uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Dengan 0.05 diperoleh kedua
kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji
hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji . Dengan 0.05 menujukkan
2.481 1.645 sehingga ditolak. Jadi dapat disimpulkan
bahwa Prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran NHT lebih baik
daripada model pembelajaran ceramah pada materi Persamaan dan
Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada siswa MTs Negeri Kaleng tahun
pelajaran 2013/2014. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran NHT, Prestasi Belajar, Linear satu variabel |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Mode Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel pada siswa Kelas VII MTs Negeri Kaleng Tahun Pelajaran 2013/2014 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |