dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa
hal yang mencakup penerapan model pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC)
yaitu peningkatan kemandirian dan hasil belajar setelah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe IOC.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan
prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini
adalah 22 siswa kelas VII MTs. At-Tauhid Jogomertan Petanahan Kebumen.
Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi kemandirian belajar
siswa, dokumentasi, dan tes siklus.
Dari hasil penelitia dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe IOC dalam kegiatan pembelajaran dapat
meningkatkkan kemandirian yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hal ini dapat diamati dari perubahan sikap dan pemahaman siswa yang
sdah memenuhi indakor penelitian. Ketika siklus I yang hanya mencapai
persentase kemandirian 64,80%, rerata hasil belajar 69,81, dan dengan nilai
ketuntasan klasikal 68,18. Ketika melakukan siklus II, diperoleh hasil persentase
kemandirian mencapai 80%, rerata hasil belajar mencapai 75, dan dengan nilai
ketuntasan klasikal sebesar 81,81% |
en_US |