Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrade Reading And Compotion terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Chamami, Najib
dc.date.accessioned 2018-02-15T03:55:09Z
dc.date.available 2018-02-15T03:55:09Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2964
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran koperatif tipe CIRC lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ekspositori pada materi lingkaran di SMP Negeri 25 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas yaitu kelas VIIIA – VIIIG. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang berupa data nilai UAS semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 dan tes prestasi belajar siswa yang telah memenuhi syarat validitas. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors, uji homogenitas menggunakan metode Barlett, memiliki kemampuan yang sama. Uji keseimbangan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 􀟙= 5%. Dari pengolahan data sebelum perlakuan diperoleh sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, variansi yang sama. Dari data setelah perlakuan diperoleh sampel berdistribusi normal dan variansi sama. Uji hipotesis menggunakan uji-t, dari uji hipotesis diperoleh thitung = 1,763 dan ttabel = t(0,05)(64) = 1,645, dengan 􀟙= 5% yang mengakibatkan H0 ditolak, artinya prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ekspositori pada materi lingkaran. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Pembelajaran, Cooperative Integrade Reading And Compotion (CIRC), Ekspositori. en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrade Reading And Compotion terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account