Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Buluspesantren

Show simple item record

dc.contributor.author Ikmawati, Nuri
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:01:24Z
dc.date.available 2018-02-15T04:01:24Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2965
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) akan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada siswa lakilaki; dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Buluspesantren tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh terdiri dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol dengan jumlah seluruh sampel adalah 64 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis uji hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan sel sama dengan alfa = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh Fa = 9,802 > F tabel = 4,00 ; 2) hasil belajar matematika siswa perempuan lebih dari hasil belajar matematika siswa laki-laki, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh Fb = 26,642 > F tabel = 4,00 ; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh F ab = 0,007 < F tabel = 4,00 . en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Perbedaan Gender. en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Ditinjau dari Perbedaan Gender Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Buluspesantren en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account