dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
akan lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa perempuan lebih baik daripada siswa lakilaki;
dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender
terhadap hasil belajar matematika siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Buluspesantren tahun ajaran
2013/2014. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sampel
yang diperoleh terdiri dari kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E
sebagai kelas kontrol dengan jumlah seluruh sampel adalah 64 siswa. Instrumen
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa sudah
diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis uji
hipotesis menggunakan uji analisis variansi (anava) dua jalan sel sama dengan alfa = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model
konvensional, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama
diperoleh Fa = 9,802 > F tabel = 4,00 ; 2) hasil belajar matematika siswa
perempuan lebih dari hasil belajar matematika siswa laki-laki, hal ini ditunjukkan
dari hasil analisis variansi dua jalan sel sama diperoleh Fb = 26,642 > F tabel = 4,00
; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) dengan perbedaan gender terhadap hasil belajar
matematika siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis variansi dua jalan sel
sama diperoleh F ab = 0,007 < F tabel = 4,00 . |
en_US |