dc.contributor.author |
Putro, Retno Wasono |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T04:03:03Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T04:03:03Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2966 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan dari penelit ian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kepatihan Purworejo Tahun
Pelajaran 2012/2013.
Penelit ian ini merupakan penelit ian t indakan kelas (PTK). Objek penelit ian ini
adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 34 siswa. Faktor yang ditelit i berupa
peningkatan keakt ifan belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Penelit ian tindakan
kelas ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat
komponen tindakan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan
(observation) dan refleksi (reflection). Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelit ian ini adalah metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat
dari 58% pada prasiklus menjadi 61,8% pada siklus I. Prestasi belajar siswa juga
mengalami peningkatan siswa yang tuntas pada prasiklus 41,17% meningkat menjadi
47,05% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,35 pada siklus II. Dilihat dari
hasil tersebut maka penerapan model pembelajaran mengunakan bahan ajar
berbantuan musik dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
pembelajaran berbantuan musik, keaktifan belajar, prestasi belajar. |
en_US |
dc.title |
Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Bahan Ajar Berbantuan Musik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Kepatihan Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |