dc.contributor.author |
Riyanti, Rima Adin |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-15T04:07:44Z |
|
dc.date.available |
2018-02-15T04:07:44Z |
|
dc.date.issued |
2014 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2967 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah: 1) hasil belajar
matematika siswa dengan metode pembelajaran Course Review Horay lebih baik
jika dibandingkan dengan metode pembelajaran Ekspositori, 2) hasil belajar
matematika siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih baik daripada motivasi
belajar sedang dan motivasi belajar rendah, 3) terdapat interaksi antara metode
pembelajaran dengan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 5 Kebumen tahun pelajaran
2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random
sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
tes hasil belajar matematika dan metode dokumentasi untuk data kemampuan
awal yaitu nilai UAS matematika serta metode angket untuk data motivasi belajar
siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel
tak sama dan uji komparasi ganda sebagai uji lanjut pasca anava.
Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi = 0.05
diperoleh bahwa: 1) Fa = 5.357 Ftabel = 4.01 sehingga H0A ditolak yang artinya
ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode pembelajaran
Course Review Horay dengan hasil belajar matematika siswa yang dikenai metode
pembelajaran ekspositori, 2) Fb = 10.453 Ftabel = 3.16 sehingga H0B ditolak yang
artinya ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi
belajar tinggi, sedang, dan rendah, 3) Fab = 0.658 Ftabel = 3.16 sehingga H0AB
diterima yang artinya tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan
motivasi belajar. Untuk H0A dilihat dari rataan, siswa yang dikenai metode
pembelajaran Course Review Horay memiliki hasil belajar matematika yang lebih
baik daripada siswa yang dikenai metode pembelajaran Ekspositori. Hal tersebut
ditunjukkan dari rataan kelas eksperimen = 73.26 62.66 = rataan kelas kontrol.
Pada H0B dilakukan uji lanjut pasca anava dengan hasil F1-2 = 10.810 Ftabel =
6.30; F1-3 = 13.950 Ftabel = 6.30; F2-3 = 1.970 Ftabel = 6.30. Dari hasil uji lanjut
pasca anava disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan motivasi
belajar tinggi lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar
sedang dan motivasi belajar rendah. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika-FKIP |
en_US |
dc.subject |
course review horay, ekspositori, motivasi belajar, hasil belajar matematika |
en_US |
dc.title |
Eksperimentasi Metode Pembelajaran Course Review Horay Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP N 5 Kebumen |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |