Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Animasi Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Putra, Rimoadi Yansah
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:10:23Z
dc.date.available 2018-02-15T04:10:23Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2968
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika yang menggunakan metode Quantum Learning berbantuan gambar animasi lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode ekspositori pada materi lingkaran kelas VIII SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen diberikan metode Quantum Learning berbantuan Gambar animasi dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol diberikan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika. Instrumen tes sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitasi. Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas kriterium, dalam arti memiliki kesejajaran antara prestasi tes tersebut dengan kriterium. Reliabilitas tes diuji dengan rumus Spearman-Brown. Validasi media telah diuji kelayakannya oleh validator. Uji prasyarat analisis variansi menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan = 0,05 diperoleh sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji ratarata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t, = 0,05 yang menunjukkan thitung = 2,832 > 1,645 = ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti prestasi belajar siswa yang menggunakan metode quantum learning berbantuan gambar animasi lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori pada materi lingkaran siswa kelas VIII SMP N 25 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject quantum learning, animasi, lingkaran, prestasi belajar. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Animasi Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP N 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account