Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Penguasaan Rumus dengan Penggunaannya pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bangun Datar dan Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Buluspesantren Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Solichah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:14:09Z
dc.date.available 2018-02-15T04:14:09Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2969
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan rumus materi luas bangun datar dan volume bangun ruang siswa kelas V SD lebih rendah atau lebih tinggi dari 65, (2) penggunaan rumus materi luas bangun datar dan volume bangun ruang siswa kelas V SD lebih rendah atau lebih tinggi dari 65, (3) hubungan antara penguasaan rumus dengan penggunaannya pada materi luas bangun datar dan volume bangun ruang siswa Kelas V SD. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Buluspesantren 2013/2014 yang berjumlah 154 siswa, dengan jumlah sampel 104 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengolahan data menggunakan t-test dan korelasi Kendal Tau. Dari pengolahan data diperoleh hasil t-test penguasaan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang menunjukan harga thitung= -4,72 sedangkan harga ttabel =1,658 sehingga thitung < ttabel, hal ini berarti penguasaan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang lebih rendah dari 65. Hasil t-test penggunaan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang menunjukan harga thitung= - 5,65 sedangkan harga ttabel = 1,658 sehingga thitung < ttabel hal ini berarti penggunaan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang lebih rendah dari 65. Pada pengujian hipotesis korelasi dengan korelasi Kendal Tau diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,73 dengan signifikansi sebesar 10,48 yang menandakan adanya hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan rumus dengan penggunaannya pada materi luas bangun datar dan volume bangun ruang. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject hubungan, penguasaan rumus, penggunaan rumus. en_US
dc.title Hubungan Penguasaan Rumus dengan Penggunaannya pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bangun Datar dan Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan Buluspesantren Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account