dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan rumus materi luas
bangun datar dan volume bangun ruang siswa kelas V SD lebih rendah atau lebih
tinggi dari 65, (2) penggunaan rumus materi luas bangun datar dan volume
bangun ruang siswa kelas V SD lebih rendah atau lebih tinggi dari 65, (3)
hubungan antara penguasaan rumus dengan penggunaannya pada materi luas
bangun datar dan volume bangun ruang siswa Kelas V SD.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Gugus Dewi Sartika Kecamatan
Buluspesantren 2013/2014 yang berjumlah 154 siswa, dengan jumlah sampel 104
siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling.
Instrumen pengumpulan data menggunakan tes yang masing-masing sudah diuji
cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengolahan data
menggunakan t-test dan korelasi Kendal Tau.
Dari pengolahan data diperoleh hasil t-test penguasaan rumus luas bangun
datar dan volume bangun ruang menunjukan harga thitung= -4,72 sedangkan harga
ttabel =1,658 sehingga thitung < ttabel, hal ini berarti penguasaan rumus luas bangun
datar dan volume bangun ruang lebih rendah dari 65. Hasil t-test penggunaan
rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang menunjukan harga thitung= -
5,65 sedangkan harga ttabel = 1,658 sehingga thitung < ttabel hal ini berarti
penggunaan rumus luas bangun datar dan volume bangun ruang lebih rendah dari
65. Pada pengujian hipotesis korelasi dengan korelasi Kendal Tau diperoleh
koefisien korelasi sebesar 0,73 dengan signifikansi sebesar 10,48 yang
menandakan adanya hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis,
maka dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara
penguasaan rumus dengan penggunaannya pada materi luas bangun datar dan
volume bangun ruang. |
en_US |