Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar
matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada
siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri
Mathematic Project (MMP) pada materi prisma dan limas siswa kelas VIII SMP
Negeri 17 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian
ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Purworejo tahun
pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 220 siswa. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII C
sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah instrumen tes hasil belajar matematika.Instrumen tes diuji cobakan
sebelum digunakan untuk pengambilan data.Validitas instrumen tes dilakukan
dengan validitas empirik dengan menggunakan rumus angka kasar.Reliabilitas tes
diuji dengan rumus KR-20.
Sebelum dilakukan tes dihitung dulu uji keseimbangan menggunakan uji t.
Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji
bartlett untuk uji homogenitas. Dengan 𝛼 = 0,05 diperoleh kedua sampel
mempunyai kemampuan awal yang sama, sampel berasal dari populasi
berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan
adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t.Dengan 𝛼 = 0,05
menunjukkan tobs= 3,802 > ttabel = 1,645 berarti prestasi belajar matematika
siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang
mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic
Project (MMP) pada materi prisma dan limas untuk siswa kelas VIII SMP Negeri
17 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Dari rataan, rerata hasil belajar
matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
diperoleh sebesar 68, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan model
pembelajaran MMP diperoleh sebesar 56,516.