Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Missouri Mathematic Project (MMP) Materi Prisma Dan Limas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Asworo, Truly
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:22:32Z
dc.date.available 2018-02-15T04:22:32Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2971
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada materi prisma dan limas siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 7 kelas sebanyak 220 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dan Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil belajar matematika.Instrumen tes diuji cobakan sebelum digunakan untuk pengambilan data.Validitas instrumen tes dilakukan dengan validitas empirik dengan menggunakan rumus angka kasar.Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20. Sebelum dilakukan tes dihitung dulu uji keseimbangan menggunakan uji t. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas dan uji bartlett untuk uji homogenitas. Dengan 𝛼 = 0,05 diperoleh kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama, sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus t.Dengan 𝛼 = 0,05 menunjukkan tobs= 3,802 > ttabel = 1,645 berarti prestasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada materi prisma dan limas untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Dari rataan, rerata hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh sebesar 68, sedangkan rerata hasil belajar matematika dengan model pembelajaran MMP diperoleh sebesar 56,516. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Prestasi Belajar, STAD, MMP. en_US
dc.title Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Missouri Mathematic Project (MMP) Materi Prisma Dan Limas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account