Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Klirong, bagaimana hasil UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Klirong, hubungan kemandirian belajar siswa terhadap nilai Ujian Nasional matematika
SD pada siswa SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan September
2013 sampai bulan Februari 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah total 255
siswa, dengan sampel sebanyak 152 siswa yang ditentukan dengan rumus yang dikembangkan
oleh Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5% Teknik sampling yang digunakan adalah
proposional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan metode angket. Statistik uji yang
digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan Kendal Tau dan uji signifikansinya
menggunakan uji-z.
Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-test pada hipotesis untuk kemandirian belajar
siswa, dengan uji satu pihak dan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = −194,60 dan t tabel = 1,65 sehingga t hitung ≤ t tabel , maka kemandirian belajar siswa lebih kecil atau sama dengan 75.
Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-tes pada hipotesis untuk nilai UN matematika SD
diperoleh t hitung = −280,60 dan t tabel = 1,65 sehingga t hitung ≤ t tabel , maka nilai UN
matematika SD lebih kecil atau sama dengan 75. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan
analisis korelasi Kendal Tau pada hipotesis hubungan kemandirian belajar siswa dengan nilai UN
SD maa pelajaran matemaika siswa kelas VII SMP diperoleh korelasi koefesien sebesar diperoleh
bahwa = -0,005. Dengan uji dua pihak dan taraf signifikansi 5% dengan pendekatan pada
rumus z diperoleh z tabel = 1,96 maka z hitung < z tabel sehingga Ho diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan
nilai UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten
Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014.