Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Nilai Ujian Nasional (UN) SD Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP NegeriI 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

Show simple item record

dc.contributor.author Khanifah, Umi
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:27:05Z
dc.date.available 2018-02-15T04:27:05Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2972
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong, bagaimana hasil UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong, hubungan kemandirian belajar siswa terhadap nilai Ujian Nasional matematika SD pada siswa SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2013 sampai bulan Februari 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan jumlah total 255 siswa, dengan sampel sebanyak 152 siswa yang ditentukan dengan rumus yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5% Teknik sampling yang digunakan adalah proposional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan metode angket. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan Kendal Tau dan uji signifikansinya menggunakan uji-z. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-test pada hipotesis untuk kemandirian belajar siswa, dengan uji satu pihak dan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = −194,60 dan t tabel = 1,65 sehingga t hitung ≤ t tabel , maka kemandirian belajar siswa lebih kecil atau sama dengan 75. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan t-tes pada hipotesis untuk nilai UN matematika SD diperoleh t hitung = −280,60 dan t tabel = 1,65 sehingga t hitung ≤ t tabel , maka nilai UN matematika SD lebih kecil atau sama dengan 75. Hasil pengolahan data yang dilakukan dengan analisis korelasi Kendal Tau pada hipotesis hubungan kemandirian belajar siswa dengan nilai UN SD maa pelajaran matemaika siswa kelas VII SMP diperoleh korelasi koefesien sebesar diperoleh bahwa = -0,005. Dengan uji dua pihak dan taraf signifikansi 5% dengan pendekatan pada rumus z diperoleh z tabel = 1,96 maka z hitung < z tabel sehingga Ho diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan nilai UN SD mata pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Kemandirian Belajar, Nilai Ujian Matematika SD en_US
dc.title Hubungan Kemandirian Belajar Siswa dengan Nilai Ujian Nasional (UN) SD Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP NegeriI 1 Klirong Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account