Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatf Tipe NHT dan STAD pada Materi Segitiga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Show simple item record

dc.contributor.author Normansyah, Wahyu
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:36:03Z
dc.date.available 2018-02-15T04:36:03Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2974
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi segitiga menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams achievement Division (STAD). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karanggayam tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 192 orang yang terbagi menjadi enam kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E dan VII F. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas eksprimen I dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen II. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu model pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika siswa setelah dikenai perlakuan sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan metode tes instrumen telah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji Lilliefors untuk uji normalitas, uji bartlett untuk uji homogenitas, dan uji keseimbangan menggunakan uji-t. Dengan 𝛼 = 0,05 diperoleh kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama, sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan variansinya homogen. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan dengan rumus uji-t didapat tobs sebesar 0,929 dan ttabel sebesar 1,960 dengan taraf signifikansi 0,05. tobs = 0,929  DK. H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kompetensi segitiga menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika menggunakan model kooperatif tipe Student Temas Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII semester II SMP Negeri 2 Karanggayam tahun pelajaran 2012/ 2013. Dari rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen I sebesar 67,87 dan kelas eksperimen II sebesar 63,94. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Division, prestasi belajar. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatf Tipe NHT dan STAD pada Materi Segitiga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/ 2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account