Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan metode Problem Solving Materi Segitiga Dan Segiempat terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII Semester II MTs Grogol Penatus Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013

Show simple item record

dc.contributor.author Hidayat, Wakhid
dc.date.accessioned 2018-02-15T04:39:01Z
dc.date.available 2018-02-15T04:39:01Z
dc.date.issued 2013
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/2975
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa pada kompetensi segitiga dan segiempat menggunakan metode problem solving akan lebih baik jika dibandingkan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Grogol Penatus Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 79 orang yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas VII A, VII B, dan VII C. Sampel dalam penelitian ini berjumlah dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Metode pembelajaran sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika siswa setelah dikenai perlakuan sebagai variabel terikatnya. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan telah diuji cobakan serta telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 52,14 dan kelas kontrol sebesar 44,07. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji-Z didapat Zobs sebesar 2,36 dan Ztabel sebesar 1,645 dengan taraf signifikansi 0,05. Zobs > Ztabel, dengan DK={Z|Z < -Zα;n atau Z > Zα;n} maka Zobs 􀗐 DK (daerah kritik) yang menyebabkan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika kompetensi segitiga dan segiempat menggunakan metode problem solving lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII MTs Grogol Penatus Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2012/ 2013. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika-FKIP en_US
dc.subject problem solving, prestasi belajar. en_US
dc.title Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Menggunakan metode Problem Solving Materi Segitiga Dan Segiempat terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII Semester II MTs Grogol Penatus Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account